Templates by BIGtheme NET
Home » Kabar Desa » Desa Siaga, Teluk Empening Adakan Pengecekan Golongan Darah
Fasien Takbarakan Dirujuk Ke Kota

Desa Siaga, Teluk Empening Adakan Pengecekan Golongan Darah

Keberadaan “Desa Siaga Aktif” di desa merupakan sesuatu yang harus dimiliki desa, kelembagaan Desa Siaga ini sangat membantu Pemerintah Desa Teluk Empening dalam rangka menjalankan program program desa khususnya dibidang kesehatan. Dengan desa siaga ini masyarakat yang kurang mampu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pada saat ingin merujuk ke Puskesmas atau Kerumah Sakit.

Desa Siaga di Desa Teluk Empening di fasilitasi dengan Ambulan Desa berupa Speed Boad untuk di daerah perairan untuk merujuk fasien ke Puskesmas terdekat atau merujuk ke kota dan Tossa untuk di daerah daratan khusus di puskesmas terdekat oleh pemerintah desa melalui dana GSC sejak tahun 2015, sejak itu pula Pemerintah Desa Teluk Empening melalui Dana Desa (DD) selalu menganggarkan biaya operasional kepada kelemagaan tersebut berupa biaya perawatan dan pembelian bensin dan oli.

Kegaitan Desa Siaga dalam pengecekan Golongan Darah

Melalui Desa Siaga Aktif pemerintah desa sudah memiliki bank darah meski belum seluruhnya penduduk mendapat layanan pengecekan golongan darah namun tiga puluh persen dari jumlah penduduk sudah tercatat golongan darahnya tinggal kedepannya ditingkatkan lagi.

Selain itu juga kegiatan Desa Siaga Aktif adalah melakukan pendataan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sehingga pemerintah desa dapat memantau perkembangan kesehatan penduduk secara berkala, salah satu hal yang didapat dari pendataan tersebut pemerintah desa dapat mengetahui, jumlah masyarakat yang memiliki jamban dan juga kepemilikan penampung air hujan dan perilaku masyarakat lainnya, sehingga pemerintah desa memiliki gambaran pada saat penentuan program yang akan dibuat.

Mengingat pentingnya keberadaan Desa Siaga Aktif ini di desa, untuk itu Pemerintah Desa Teluk Empening, tetap selalu menjaga keberlangsungannya dengan selalu memberikan anggaran melalui Dana Desa, meskipun yang dirasakan selama ini masih sangat kurang karena terbentur dengan pembagian anggaran, namun Pemerintah Desa Teluk Empening kedepannya akan terus meningkatkan biaya operasional tersebut mengingat meningkatnya aktifitas desa siaga tersebut.

Pemerintah Desa Teluk Empening berharapa, agar masyarakat tetap aktif dalam menjalankan Desa Siaga Aktif ini dan terus berkreasi dalam menjaga kesehatan warga khususnya tanggap terhadap permasalahan kesehatan didesa untuk menekan angka kesehatan buruk didesa. Pemerintah Desa juga mengucapkan terimakasih terhadap kelembagaan ini yang selama ini sudah sangat membantu sehinga permasalahan kesehatan di desa sudah siap siaga.

Tuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful