Templates by BIGtheme NET
Home » Kata Desa » Potensi Lahan Sawah Desa Teluk Empening Membentang!
lahan sawah
Lahan Sawah yang membentang luas

Potensi Lahan Sawah Desa Teluk Empening Membentang!

Selain lahan pertanian dan perkebunan, Desa teluk Empening memiliki potensi lahan Sawah yang cukup membentang yang tersebar di tiga dusun, namun yang sangat potensial ada di dua dusun yaitu, Dusun Tanjung Harapan dan Dusun Sampang.

Dusun Tanjung harapan memiliki kurang lebih ada 100 Ha (Seratus Hektar) Lahan Cetak Sawah yang terdiri dari lahan masyarakat dan lahan milik Pemerintah Desa Teluk Empening yang dipergunakan masyarakat sebagai hak pakai, sementara di Dusun Sampang juga memiliki kurang lebih 200 Ha (dua ratus hektar) lahan cetak sawah yang sebagian besarnya milik masyarakat, sedangkan lahan peruntukan sawah di Dusun Kelola jaya sangat kecil.

Dari tiga dusun yang tersebar lahan cetak sawah, Dusun Tanjung Harapanlah yang memiliki potensi lahan sawah yang saat ini sangat baik karena kontur tanahnya merupakan tanah mineral, sedangkan Dusun Sampang dan Kelola Jaya agak sedikit berbeda karena kontur tanahnya merupakan Gambut yang mana masayrakat masih sangat awam dengan Teknik menanam dilahan gambut tersebut.

Potensi lahan sawah yang ada di Desa Teluk Empening sudah cukup luas namun, masih belum mampu menjadikan Desa Teluk Empening sebagai swasembada pangan, hal tersebut masih dikarenakan kurang optimalnya pemanfaatannnya lahan persawahan oleh masyarakat, dalam satu tahun masih menggunakan lahan tersebut untuk sekali tanam, belum mampu untuk dua kali tanam dalam setahun.

Kendala lain lahan persawahan ini juga adalah irigasinya belum baik, sehingga sulit mendapatkan air pada saat musim kemarau, sementara pada saat air pasang sulit mengatur air karena ketersediaan pintu air belum ada, Pemerintah Desa Teluk Empening selalu berupaya untuk memaksimalkan para petani untuk memanfaatkan potensi lahan yang ada dengan memberikan bantuan bibit dan beberapa upaya lainnya temasuk mengusulkan irigasi yang menjadi kunci utama permsalahan dilahan tersebut.

Sedangkan upaya memberantas hama Desa Teluk Empening sudah memiliki PPL yang siap membantu permsalahan tersebut, selain itu Pemerintah Desa Teluk Empening juga berupaya mendorong masyarakat untuk merubah cara bercocok tanam dari tradisional ke metode teknologi.

Tuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful