Templates by BIGtheme NET
Home » Berita Desa » Teluk Empening, Desa Terinovatif
Teluk Empening, Desa Terinovatif
Dalam Rangka HUT Kubu Raya yang ke 10 Desa Teluk Empening mendapatkan piala berkategorikan Desa Internet Terinovatif

Teluk Empening, Desa Terinovatif

telukempening.desa.id, Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang Kab. Kubu Raya kembali mendapat penghargaan Desa Internet Terinovatif. Penghargaan diberikan oleh kominfo kubu Raya pada rangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Kubu Raya yang ke 10, Senin 17 Juli lalu. Penghargaan ini diberikan langung oleh Bupati KubuRraya kepada kepala Desa Teluk Empening, Muhammad Firdaus. Sudah menjadi rahasia umum di Kubu Raya jika Desa Teluk Empening adalah desa yang aktif dalam mengelola Website desa. Tak hanya mengelola namun memberikan berbagai inovasi dalam pengelolaan website tersebut.

Ping, sapaan akrab kepala Desa Teluk Empening ini mengang memiliki hoby dalam mengotak atik fitur mau pun konten dalam website desa. Tak heran banyak desa yang berkonsultasi kepada beliau terkait pengelolaan website desa. Penghargaan ini memberikan banyak pelajaran bahwa latar belakang pendidkan bukan hambatan dalam meraih keahlian. Kepala desa sekaligus pengelola website ini hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama, namun sedari dulu tertarik pada dunia IT. Ketekunannya dan  keseriusan dalam mengelola website desa mengantarkan Desa Teluk Empening menjadi desa paling inovatif baik dalam informasi desa maupun konten fiturnya.

“Di dalam website kami www.telukempening.desa.id tak hanya menginformasikan tentang aktifitas desa dan produk desa, namun juga kami muat informasi penting seperti produk hukum terbaru tentang desa dan lain-lain sehingga tak jarang banyak desa lain menyalin dan meng-coppy file-file dari web kami “ujar Muhamad Firdaus. Untuk mengelola website desa memang menguras banyak waktu, namun terbiasa saya lakukan karena hoby. Minat dalam tulis menulis di Desa masih sangat kurang sehingga dulu saya terkendala dalam menulis berita, tapi akhir tahun lalu kami lakukan pelatihan jurnalistik warga dengan sasaran para pemuda sehingga kedepan diharapkan timbul minat warhga dalam menulis berita dan akan lebih banyak lagi informasi desa yang dapat kami muat, tambah kepala desa yang baru berusia 31 tahun ini.

Selain website, juga berdiri megah rumah pintar di Desa teluk Empening  sejak 2014 yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses internet. Para pelajar turut aktif dalam mengakses internet terutama di malam hari untuk mengerjakan tugas sekolah, juga tak jarang terlihat orang tua ikut serta walau hanya menonton youtube melihat-lihat video tentang pertanian. Akses internet dan informasi menang sudah seharunya meluas ke desa-desa dan dapat dimanfaatkan masyarakat sahingga ketimpangan informasi antara kota dan desa tak ada lagi. “Saya baru bergabung dalam pemerintahan Desa Teluk Empening ini beberapa bulan lalu, saya cukup kagum, soalnya internet dan informasi desa cukup lancar dan yang mengelolanya kepala desa pula, walau berada di desa rasanya tetap mudah untuk mengaskes informasi dan masyarakat disini cukup melek teknologi terutama internet, Ujar Jamaludin, pemuda  yang baru pulang kampung dan bergabung dalam pemerintahan desa.

Pemerintah Desa Teluk Empening terus berupaya meningkatkan pelayanan informasi melaui website desa. Kedepan diharapakan lebih banyak warga yang dapat mengakses internet dan telibat aktif dalam memuat informasi-informasi desa. Penghargaan ini sebagai motoivasi desa untuk terus giat menelola webstir desa dan mendorong desa-desa lain juga aktif karena hampir semua desa sudah terlayani dengan fasilitas internet desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful