Templates by BIGtheme NET
Home » Berita Desa » Mahasiswa Untan adakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Teluk Empening

Mahasiswa Untan adakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Teluk Empening

Teluk Empening, 29/1/17 Menjadi mahasiswa adalah kesempatan emas. Disampaikan oleh Kades Teluk Empening (Muhammad Firdaus), saat pembukaan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di Balai Keserasian Sosial, dari sekian banyak lulusan hanya sebagian kecil di tempat kami yang mampu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Ironisnya, sekarang ini, ketidakmampuanlah yang menjadi sebab utama untuk melanjutkan, selain itu ekonomi masyarakat memang tidak stabil saat ini, dan ini masih menjadi PR besar Pemerintah Desa Teluk Empening. Karena tanpa ekonomi yang memadai maka tetaplah banyak anak kami yang tidak dapat melanjutkan. Meski sangat pandai, tanpa uang jangan harap dapat kuliah, Tegas Kades.

Ditengah sambutannya kades mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Untan sebanyak 34 Mahasiswa, selanjutnya beliau menggambarkan kondisi Desa Teluk Empening yang apa adanya. Beliau berharap kondisi ini tidak mematahkan semangat Mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat yang akan berangsung selama satu bulan masa pengabdiannya, melainkan kondisi ini menjadi awal bentuk pengabdian kepada masyarakat yang akan diteruskan setelah masing masing sudah pulang ke daerah masing masing.

Mengabdi kepada masyarakat bukan berarti menjadi “Pembantu”, menunggu apa yang diperintahkan masyarakat, melainkan mengajak masyarakat untuk melahirkan suatu pemikiran yang kelak akan merubah pola fikir masyarakat yang akan membawa kearah yang positif. Sebagaimana Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengabdian kepada Masyarakat salah satunya. Melalui PkM, Mahasiswa seharusnya memberikan perubahan di masyarakat, baik segi politik, ekonomi, sosial, maupun teknologi. Bukan sekadar berargumen politik dengan turun ke jalan jalan. Lebih dari itu Masyarakat berharap besar oleh dharma baktinya. Jadi tidak hanya Mempunyai IP tinggi, masuk 3 besar dalam suatu program studi, atau menjadi juara lomba, yang memang merupakan Kebanggaan bagi mahasiswa bersangkutan dan juga universitasnya

Dalam pengabdian kepada masyarakat tidak hanya mengandalkan ilmu dan indeks prestasi yang tinggi semata namun, ada element lain yang lebih penting yang harus dikuasai Di antaranya; pertama, soft skill. Ini menyangkut kemampuan berkomunikasi, bahasa, bekerja dalam tim, serta kemampuan memimpin dan dipimpin.

Diakhir sambutannya kades menyampaikan tak banyak yang dapat diberikan kepada mahasiswa namun, semoga apa yang dilakukannya dicatat amal oleh Allah SWT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful